JudulPENGARUH GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: NILA HAINUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nila Hainun, 2021. Pengaruh Gaya Belajar Pada Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 6 Palu. Pengaruh Gaya Belajar Pada Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Tadulako, Pembimbing: Risma Fadhila Arsy. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gaya belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu pada mata pelajaran geografi. (2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu pada mata pelajaran geografi.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dengan jumlah siswa 30 orang, instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, korelasi product moment dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian mengenai pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu sebagai berikut: (1) gaya belajar siswa kelas XI SMAN 6 Palu adalah dominan gaya belajar auditory dengan persentase 53,3%, sedangkan gaya belajar visual sebesar 47,3%. (2) Berdasarkan uji hipotesis nilai Fhitung dari tabel ANOVA didapatkan bahwa nilai Fhitung < Ftabel>0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Kata kunci: Gaya belajar (Visual, Auditori), prestasi ABSTRACT Nila Hainun, 2021. The Influence of Learning Style on Learning Achievement at Grade XI Students of SMAN 6 Palu on Geography Subject. Skripsi, Geography Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Under Supervisions of Risma Fadhila Arsy. This research aims at: 1) finding out the learning style of grade XI students of SMAN 6 Palu on geography subject. 2) Finding out the influence of learning style on learning achievement at grade XI students of SMAN 6 Palu on geography subject. This research used quantitative descriptive approach with correlation method. The research subjects were 30 grade XI students of IPS 1. The research instruments used were learning style questionnaire and documentation. The research data were collected and analyzed using quantitative descriptive analysis technique with percentage, product moment correlation simple linear regression. The results show that: (1) the dominant learning style used by the students is auditory learning style with the percentage of 53.3 percent. The visual learning style is 47.3 percent. (2) Based on the result of hypothesis test, the value of Fcounted from the ANOVA table show that the value of Fcounted < Ftable>0.05, means Ha is rejected and Ho is accepted. Keywords: Learning Style (Visual, Auditori), Achievement |