JudulPENGARUH PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: NADA ALFITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nada alfitha. (2021).Pengaruh Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Palu . Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran abad 21 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Palu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, Angket wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dengan sampel 15 siswa diperoleh Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dari jawaban siswa atas pertanyaan yang terdapat pada angket penelitian, dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran abad 21 memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar geografi yaitu dapat meningkatkan kemampuan 4C yaitu Critical Thinking (berpikir kritis), Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi) dan Creativity (kreativitas) siswa. Akan tetapi Setelah dilakukan analisis statistik inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan anatara pembelajaran abad 21 terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palu dengan hasil perhitungan koefisien korelasi. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi ?=72,42+0,093???? Selain dari pada itu diperoleh ?????????????????????????=0,13225656 lebih besar dari ????????????????????????=0,553 yang berarti tidak terdapat pengaruh positif pembelajaran abad 21 terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA negeri 3 Palu, setelah itu dilakukan perhitungan terhadap uji signifikan koefisien korelasi yaitu thitung (0,49487558) < ttabel (3,01228) yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran abad 21 terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Palu. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran abad 21 memiliki pengaruh terhadap hasil belajar geografi akan tetatpi tidak signifikan. Kata kunci: Pembelajaran, abad 21, Hasil belajar. |