JudulPROBLEMATIKA GURU GEOGRAFI TERHADAP IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: GINA PUTRI ALMAIDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Gina Putri Almaida, 2020. Problematika Guru Geografi terhadap Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako . Pembimbing: Amiruddin Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan problematika Guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran Geografi, serta upaya Kepala Sekolah dalam mengatasi problematika guru dalam implementasi penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan survey. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 2 Guru Geografi, dan 5 Siswa-siswi kelas XII IPS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Display (penyajian data), dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi penilaian autentik di SMA Negeri 3 Palu belum berjalan secara maksimal karena guru melaksanakan penilaian tidak menggunakan semua instrumen penilaian sesuai dengan instrument yang ada di RPP tetapi guru melakukan penilaian hanya secara umum yang mencakup penilaian sikap,pengetahuan,dan keterampilan. Penilaian yang guru lakukan kurang efektif karena terbatasnya waktu pada saat proses penilaian sehingga tidak semua penilaian autentik digunakan guru untuk menilai siswa.(2) terdapat masalah yang dihadapi guru saat ingin mengimplementasikan penilaian autentik yaitu banyaknya instrumen penilaian yang harus digunakan guru untuk menilai siswa,penilaian yang guru lakukan kurang efektif karena pemberian waktu yang kurang, dan kurangnya bahan/alat praktikum Geografi sehingga siswa dan guru mengalami kesulitan serta keterbatasan dalam praktek maupun guru dalam menilai siswa. (3) Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi problematika guru dalam mengimplementasi penilaian autentik yaitu dengan memberikan buku pedoman penilaian, memberikan supervise kepada guru serta mengadakan workshop,kemudian untuk upaya memenuhi kurangnya alat praktikum Geografi,Kepala Sekolah sudah menyiapkan dana yang besar untuk membeli perlengkapan atau alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran Geografi. Kata Kunci : Problematika Guru,Penilaian Autentik,Pembelajaran Geografi |