JudulKINERJA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 SINDUE TOBATA |
Nama: CESAR ADHITAMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Abstrak Cesar Adhitama, 2021. Kinerja Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Proses Pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako . Pembimbing: Nurvita, S.pd., M.pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja Guru di tengah pandemi covid-19 kinerja yang dimaksud yaitu kinerja berdasarkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Guru mata pelajaran IPS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Display (penyajian data), dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Sindue Tobata dalam aspek perencanaan pembelajaran meliputi ketepatan waktu dan pengembangan dalam penyusunan program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, kemudian dengan aspek pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini meliputi ketepatan dan kesesuaian penggunaan alokasi waktu pembelajaran, strategi/metode pembelajaran, media dan sumber belajar, penyampaian materi pelajaran, dan pengaturan kelas berjalan sesuai program pembelajaran dengan baik dan terakhir yaitu aspek evaluasi pembelajaran, dalam penelitian ini meliputi ketepatan, kesesuaian dalam pendekatan, jenis evaluasi, penyusunan alat evaluasi, penggunaan hasil evaluasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan aspek masuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Kinerja Guru, Pembelajaran IPS, Covid-19 |