Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Pamona Timur Kabupaten Poso
Nama: ASTRIYANI SAKARIA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Astriyani Sakaria (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pamona Timur Kabupaten Poso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing: Abdul Hamid. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah ada pengaruh media sosial terhadap minat belajar siwa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh media sosial terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP, dengan jumlah 176 orang tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 20?ri seluruh jumlah populasi yaitu 20% x 176 = 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (koesioner), studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis Koefisien Korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media sosial terhadap minat belajar siswa dibuktikan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,78 sesuai dengan ketentuan interpretasi besarnya korelasi menurut kriteria yakni korelasi kuat (0,600 – 0,799). Selanjutnya nilai thitung sebesar 7,36, jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,689 1,689) maka diperoleh jawaban Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pamona Timur Kabupaten Poso. Kata kunci : Media Sosial, Minat Belajar, Siswa SMP

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up