JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI WALEA BESAR |
Nama: ABDUN YANNA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abdun Yanna, 2022. Implementasi Pembelajaran Luring pada masa Pandemi Covid-19 mata pelajaran IPS Geografi di kelas XI SMA Negari Walea Besar. Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Luring pada masa Pandemi Covid-19 mata pelajaran IPS Geografi di kelas XI SMA Negari Walea Besar. Subjek penelitian ini adalah guru geografi kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai upaya untuk memberi jawaban atas permasalahan yang diangkat. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pembelajaran Luring kurang efektif, tetapi dalam proses penyampaian materi ke siswa tercapai, Selain itu saat pertemuan berlangsung guru tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran, tetapi juga guru memberikan tugas kepada siswa sesuai dengan materi yang dipelajari dan diajarkan untuk dikerjakan dirumah. bentuk penilaian mastery Learning atau pembelajaran tuntas. Hasil tugas rumah yang diberikan guru IPS Geografi kelas XI dari 12 orang siswa, tenyata masi ada 4 orang yang terlambat mengantar tugas rumah dan yang lain tepat waktu, dan masi ada siswa yang belum mendapatkan standar nilai ketuntasan. Sedangakan faktor penghambat kegiatan belajar mengajar yaitu Biaya trasportasi, jarak menempuh pembelajaran, waktu pembelajaran, Beresiko tertular Covid-19, keterbatasan pengetahuan teknologi, dan target yang ditentukan belajar. Adapun faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana, kesehatan siswa, faktor cuaca, keterbatasan belajar, protokol kesehatan. |