Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DIKELAS XI SMA NEGERI 1 PARIGI
Nama: AQIDAH IMAN SARI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Aqidah Iman Sari, 2021. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Parigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan bentuk kesulitan belajar siswa pada pembelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Parigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI P.IS berjumlah 86 orang sedangkan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan yaitu kelas XI P.IS B yang berjumlah 22 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket atau kuesioner, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran geografi dikelas XI P.IS B sudah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan guru memiliki beberapa peran yang harus dimunculkan pada saat kegiatan pembelajaran yaitu guru sebagai informator, motivator, inspirator, pembimbing, inisiator, sumber belajar, fasilitator, pengelola kelas, demonstrator dan guru sebagai evaluator. (2) Bentuk kesulitan belajar siswa pada pembelajaran geografi yaitu terletak pada membaca dan memahami isi peta, dan menghitung skala pada peta. Hal ini karena siswa kurang cepat memahami materi peta yang disampaikan guru dikarenakan kurang jelas dan terlalu singkat sehingga membuat siswa sulit menerima materi yang diberikan. Pada sesi tanya jawab saat diawal pelajaran maupun saat pelajaran berlangsung banyak siswa yang lumayan aktif, sehingga mereka bisa berfikir lebih cepat, menyimak dan mendengarkan apa yang disamapaikan oleh guru mata pelajaran geografi, sedangkan ada pula siswa yang tidak bisa menjawab dikarena takut atau kurang percaya diri dengan jawabannya. Hal ini karena siswa kurang cepat memahami materi peta yang disampaikan guru dikarenakan kurang jelas dan terlalu singkat sehingga membuat siswa sulit menerima materi yang diberikan. Ini yang menjadi tugas bagi guru harus lebih telaten dalam membimbing, membuat suasana kelas menjadi nyaman untuk belajar sehingga siswa tidak merasa bosan, kemudian metode yang digunakan juga harus bervariasi serta fasilitas dan media yang digunakan menarik perhatian para siswa. Kata Kunci : Peran Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up