Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PERILAKU REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI DESA RANONONCU KECAMATAN POSO KOTA SELATAN KABUPATEN POSO
Nama: ELOYS DODOKERAN
Tahun: 2021
Abstrak
Eloys dodokeran , 2020. Analisis Perilaku Remaja Pengguna Game Online di Desa Ranononcu,Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku anak remaja pengguna game online, dampak positif dan negatif pengguna game online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak remaja pengguna game online dan dipilih dengan teknik porpossive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku remaja pengguna game online yang ada di Desa Ranononcu beraneka ragam, bahkan ada remaja yang bersikapp marah-marah dan berani membentak orang tua hanya karna dilarang untuk bermain game online, ada juga yang sampai rela mencuri demi mendapatkan uang untuk bermain game online, rela berbohong kepada orang tua agar bisa keluar berkumpul bersama dengan yang lainnya untuk bermain game online. Dampak positif yang dapat ditimbulkan dari pengguna game online yaitu selagi tidak kecanduan dan dapat mengatur waktu bermain game dengan baik pengguna game online tersebut bisa membuat konten di sosial media tentang game online yang positif atau dapat menjual akun game online yang mereka milik untuk mendapatkan uang. Dampak negatif yang ditimbulkan dari pengguna game online yaitu dapat kita lihat dari perilaku meraka sehari-hari dimana sebagian remaja di desa Ranononcu terlarut-larut dalam kegiatan bermain game onlinesaja sehingga mereka bisa mengalami jatuh sakit karena berkurangnya darah dalam tubuh yang disebabkan oleh tidur hingga larut malam, mata terasa perih dan memerah akibat terlalu lama menatap layar smartphone atau computer, serta dapat menyebabkan kecanduan game online tersebut. Kata Kunci : Perilaku, Remaja, Game Online

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up