JudulPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: ABDUL RAUL |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran point counter point terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 9 Palu, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan sampel 40 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Palu.Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwaBerdasarkan analisis uji homogenitas diketahui pula bahwa kedua data tersebut hasil pelajaran geografi pada materi posisi strategis Indonesia dalam maritim dunia kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varians yang sama atau homogen. Dengan ini tes awal diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,24<1,84. Dengan taraf signifikan = 0,05. Sedangkan pada tes akhir diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,10<1,84 Dengan taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian maka data tersebut dapat dikatakan homogen. Selanjutnya perhitungan dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan hasil perhitungan secara keseluruhan menunjukan bahwa kedua perlakuan yang telah diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil yang berbeda (lebih baik). Oleh karena itu Hoditolak dan Haditerima, yang berati bahwa penggunaan strategi pembelajaran point counter point memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran geografi materi posisi strategis Indonesia dalam maritim dunia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Palu. |