Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemahaman Konsep Hidrologi Mahasiswa Prigram Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako Setelah Mengikuti Pembelajaran Daring
Nama: DEWI MARIANA
Tahun: 2022
Abstrak
Pemahaman konsep merupakan kemampuan mendefinisikan dan membahasakan sendiri apa yang telah dipelajari tanpa mengurangi maknanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah hidrologi setelah mengikuti proses pembelajaran daring. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 25 orang mahasiswa program studi pendidikan geografi angkatan 2020 kelas A pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep hidrologi berupa soal esai berjumlah 6 butir soal dan teks wawancara. Data hasil tes dan wawancara kemudian dianalisis untuk menentukan tingkat pemahaman konsep hidrologi mahasiswa berdasarkan tiga kategori pemahaman yaitu (1) translasi (2) interpretasi (3) ekstrapolasi. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa berdasarkan tiga kategori pemahaman yang diteliti tingkat pemahaman konsep hidrologi mahasiswa berada pada kategori cukup dengan perolehan nilai pada masing-masing kategori pemahaman yaitu kategori translasi 56%, kategori interpretasi 50,5%, dan kategoti ekstrapolasi 49,5%. Kata Kunci: Ekosistem DAS, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Daring, Siklus Hidrologi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up