JudulPENERAPAN METODE KUNJUNGAN LAPANGAN DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KOTA PALU |
Nama: TYANSARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Tyansari, 2021. Penerapan Metode Kunjungan Lapangan dalam Mengajar Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri Se-Kota Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Samuel Sanda Patampang. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode kunjungan lapangan pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri Se-Kota Palu, (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode kunjungan lapangan di SMA Negeri Se-Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode survey. Teknik analisi data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah (1) Penerapan metode kunjungan lapangan dalam mengajar mata pelajaran Geografi di SMA Negeri se-Kota Palu dapat dikatakan sudah berjalan dengan maksimal terbukti dari beberapa materi yang relevan dengan metode kunjungan lapangann akan tetapi masih ada beberapa sekolah yang masih belum menerapkan metode ini dengan baik, (2) Faktor pendukung penerapan metode kunjungan lapangan adalah siswa semakin antusias dalam hal mengikuti pembelajaran, siswa lebih aktif, dan dapat melatih keaktifan dan juga pengetahuan siswa, siswa juga dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya di sekolah ke lapangan, dan faktor penghambat penerapan metode ini adalah sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai, dan juga waktu yang digunakan cukup lama, serta membutuhkan biaya yang relatif besar. Kata Kunci : Penerapan, Metode Kunjungan Lapangan, Pelajaran Geografi. |