JudulPemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Palu |
Nama: ANDI FAHRUDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Andi Fahrudin, 2023. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Amalia Novarita, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Palu, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Palu sudah optimal dan dapat dapat digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran geografi karena memiliki ketersediaan buku yang cukup untuk dimanfaatkan oleh siswa, namun pada jumlah ketersediaan sumber belajar selain buku masih belum ada sehingga pemanfaatan perpustakaan oleh siswa terkait pembelajaran geografi masih menggunakan buku paket dan juga atlas yang ada. Guru geografi sebagai tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Palu telah memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dengan ketersediaan buku geografi yang ada di perpustakaan, Cara guru untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah adalah dengan memberikan tugas kepada siswa dan mengarahkannya ke perpustakaan untuk mencari referensi mengenai tugas yang diberikan serta sesekali memanfaatkan ruang perpustakaan sebagai proses belajar mengajar, selain itu cara siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran geografi khususnya siswa kelas XI IPS dengan datang berkunjung ke perpustakaan untuk sekedar meluangkan waktu membaca, mengerjakan tugas atau bahkan meminjam buku yang ada. Kata kunci: perpustakaan sekolah, sumber belajar, geografi |