Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Geografi Di SMP Negeri 1 Sirenja
Nama: MARDIATI SARI
Tahun: 2022
Abstrak
Mardiati Sari, 2022. Analisis ketersediaan sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran geografi di SMP Negeri 1 Sirenja. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rahmawati Sekolah dalam pelaksanaannya tidak hanya menyiapkan komponen inti seperti adanya guru, kurikulum, proses belajar mengajar dan manajemen sekolah. Namun, sekolah juga harus menyiapkan komponen penunjang untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar serta membantu peserta didik agar lebih mudah memahami pembelajaran yang akan diterima. Dalam hal ini, komponen penunjang yang dimaksud yaitu ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Sarana dan prasarana sangat dibutuhkan untuk membantu kegiatan belajar mengajar serta dapat menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas, efektif, dan efisien. Sarana yang sangat penting terhadap kegiatan belajar mengajar yaitu media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Saat ini kemajuan ilmu dan teknologi semakin berkembang pesat, sehingga metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak hanya melalui penjelasan lisan ataupun penjelasan yang diperoleh peserta didik melalui buku pelajaran. Ketersediaan media pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. peserta didik dapat mengembangkan pengetahuannya dengan media yang telah disediakan dan dimanfaatkan oleh guru. Oleh karena itu, ketersediaan media pembelajaran dan pemanfaatannya sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan di SMP Negeri 1 Sirenja yaitu : a) Ketersediaan media pembelajaran yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Sirenja adalah jenis media berupa visual (media yang dapat dilihat) sudah lengkap dan tersedia dengan baik, untuk media audio sudah tidak tersedia. Sedangkan untuk media audio visual (media yang dapat dilihat dan didengar) masih sangat jarang digunakan oleh guru karena masih kekurangan bahan materi. Jumlah ketersediaan media pembelajaran di sekolah ini sudah cukup memadai tapi belum terpenuhi secara keseluruhan. kemudian untuk kondisi pada media pembelajaran geografi sudah sangat baik namun masih ada beberapa media yang perlu diperbaharui. b) Pemanfaatan media pembelajaran dapat dilihat dari tanggapan siswa yang memberikan jawaban sangat positif terhadap penggunaan media pembelajaran yaitu siswa merasa termotivasi dengan adanya media pada saat belajar. dari segi efektivitas penggunaan media memang belum sempurna. Namun dengan penggunaan media pembelajaran dalam kelas guru merasa sangat terbantu sehingga suasana belajar menjadi lebih baik Kata Kunci : Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up