Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS (Case Based Learning) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 2 MORI ATAS
Nama: FENDI BERKRIS
Tahun: 2022
Abstrak
Fendi Berkris Ruagawe (2021) . “Pengaruh Metode Pembelajaran berbasis kasus (Cased Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA 2 Mori Atas”. Program Studi S1 Pendidikan Geografi,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Zumrotin Nisa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Kasus (Case Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 2 Mori Atas. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan tehnik Time series design. Pengumpulan data menggunakan tehnik tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan 17 siswa sebagai sampel penelitian memiliki tingkat motivasi sangat tinggi yaitu terdapat 2 siswa atau 11,76 %, yang tergolong tinggi ada 8 siswa atau 47,05 %, dan 5 orang tergolong sedang atau 29,41% sedangkan yang tergolong rendah ada 2 siswa atau 11,76%. Penilaian hasil belajar sebelum menggunakan metode case base learning dan setelah menggunakan case base learning yang hasilnya yaitu rata-rata nilai pretest 28.23 dan posttest 78.03. dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar setelah melakukan metode pembelajaran case base learning .Berdasarkan hasil analisis pada uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 diperoleh hasil bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000<0>2.145, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran berbasis kasus (case based learning) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 2 Mori Atas dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Kasus, Motivasi belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up