Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI KENDALA DAN UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PAMONA BARAT (Studi Kasus Guru Berlatar Belakang Non Pendidikan Geografi)
Nama: I PUTU WIDNYANA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK I Putu Widnyana (2020), Identifikasi Kendala dan Upaya Guru dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negri 1 Pamona Barat (Studi Kasus Guru Berlatar Belakang Non Pendidikan Geografi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universtas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Kajian dalam penelitian ini mengangkat permasalahan tentang 1) Apa yang menjadi kendala guru berlatar belakang non pendidikan geografi dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamona Barat, 2) Upaya apa saja yang dilakukan guru yang berlata belakang non Pendidikan Geografi dalam pelasanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamona Barat. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan sasaran penelitian adalah guru geografi yang berlatar belakang non penidikan geografi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) kendala guru yang berlatar belakang non pendidikan geografi antara lain : Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, penguasaan materi, kurangnya pemahaman guru dalam penggunaan media pembelajaran geografi dan kurangnya pemahaman guru dalam menyusun rancangan evaluasi pembelajaran. (2) Upaya meminimalisir kendala dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru berlatar belakang non pendidikan geografi yakni mengganti metode pembelajaran, refleksi materi, pemanfaatan media dan teknologi, dan pemberian tugas tambahan. Kata Kunci : Identifikasi Kendala, Upaya, dan Pembelajaran Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up