Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL GUNA MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISIWA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 15 PALU)
Nama: ERDAYANTI DHALIL
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Erdayanti Dhalil. (2020). Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Guna Mengurangi Perilaku Bullying Pada siswa (Studi Kasus Di SMP Negeri 15 Palu). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraedah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Palu yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya perilaku bullying dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru IPS di SMP Negeri 15 Palu dalam meningkatkan sikap sosial guna mengurangi perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus.Subjek penelitian ini adalah Guru IPS, BK dan Siswa di SMP Negeri 15 Palu.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakto-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa yaitu : (1) Faktor keluarga : kurangnya perhatian dan pengawasan keluarga terhadap anak, serta kondisi keluarga yang broken home (2) Faktor media massa : banyaknya tontonan di televisi yang tidak mendidik seperti adanya adegan anak yang kurang ajar terhadap orangtuanya dan game-game online yang berupa pekelahian dan pembunuhan (3) Fakor lingkungan pergaulan : lingkungan pergaulan yang tidak baik atau memiliki pengaruh negatif, seperti pergaulan bebas, masuk kedalam kelompok-kelompok atau geng-geng yang kriminal. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan sikap sosial guna mengurangi perilaku bullying adalah (1) Pembelajaran : menerapkan aspek-aspek sikap sosial dalam proses pembelajaran, seperti guru menekankan kepada siswa agar selalu berlaku jujur dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru (2) Kedisiplinan, guru memberikan arahan kepada siswa untuk selalu menaati peraturan dan tata tertib sekolah seperti datang tepat waktu, dan memberikan hukuman dan saknsi bagi siswa yang melakukan kesalahan. (3) Menjadi panutan yang baik : menjadi orang tua kedua siswa di sekolah. Kata Kunci : Sikap Sosial, Bullying, Upaya Guru ErdayantiDhalil, 2020. Efforts of Social Studies Teacher in Improving the Social Attitude to Reduce Student Bullying Behavior (a Case Study at SMP Negeri 15 Palu).Under the Supervision of Nuraedah. This research aims to identify the factors causing the bullying behavior and to find out the efforts of social studies teachers in improving the social attitude to reduce bullying to students. It is a descriptive-qualitative research type using a case study approach. The research subjects were social studies teachers, counseling, and students at SMP Negeri 15 Palu. The data collected through interviews, observations, and documentation then analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the research show that the factors causing the bullying to students are: (1) Family: lack of attention and supervision of family to children and broken home families. (2) Mass media: the number of shows on television that do not educate, such as scenes of children who are insolent to their parents, online games of fights and murders. (3) Social: the social environment that is not good or has a negative impact, such as free association, belonging to criminal groups, or gangs. The efforts made by the teacher in improving social attitudes to reduce bullying are (1) Learning: applying social aspects in the learning process, such as the teacher emphasize the student always be honest and responsible for the tasks. (2) Discipline, the teacher gives direction to the student always be due to the proper time and attendance. (3) Being a good role model: being the parent of all students at school. Keywords: Social Attitudes, Bullying, Teacher Efforts

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up