JudulFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TOLI-TOLI |
Nama: FRANSISKUS EKO BOROTODING |
Tahun: 2021 |
Abstrak Fransiskus Eko B. 2021. *Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran Geografi pada Masa Pandemi covid-19 di sMA Negeri I Toli-Toli". skripsi. Program Studi 51 Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang menjadi faktor-faktor penghambat dan apa saja upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan pada pembelajaran geografi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Toli-Toli. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitati[ dengan subyek penelitian 2 orang guru mata pelajaran geografi. Teknik Pengumpulan drta dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan yarg pertoma,' faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran geografi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri I Toli-Toli, yang sangat mendominasi adalah jaring internet, pulsa data dan kepemilikan smartphone siswa. Selain itu, faktor komunikasi, kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran secara daring, penyampaian materi yang lambatnya terjadi pada siswa. Kedua; upaya sekolah dan guru mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran daring mata pelajaran geografi dengan cara: 1) pihak sekolah bersama guru meminta kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran daring di sekolah bagi siswa yang terkendala jaringan, dan smartphone; 2) guru melakukan komunikasi secara personal melalui komunikasi dengan whatsapp; 3) guru memberikan motivasi belajar setiap saat dalam pembelajaran pada siswa mengikuti pembelajaran dan tidak ketinggalan materi:4) metode yang gunakan dengan ceramah dan penugasan cukup sederhana dan memudahkan siswa;5) sebagian siswa kurang menyukai pembelajaran geografi, setelah guru mengidentifikasi siswa yang kurang menyukai pembelajaran geografisecara daring; 6) faktor sarana dan prasarana terkait pembelajaran geografi secara daring di SMA Negeri 1 Toli-Toli sangat mendukung dan cukup baik. ' Kata Kunci:Faktor penghambat, pembelajaran geografi , pandemi covid- 1 9 |