JudulKESIAPAN SEKOLAH SMA NEGERI SE KOTA PALU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM KESIAGAAN BENCANA ALAM GEMPA BUMI, TSUNAMI, DAN LIKUIFAKSI |
Nama: MUHAMMAD SYAHRIR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK : Muhammad Syahrir. 2020. “Kesiapan Sekolah SMA Negeri Se-Kota Palu dalam mengimplementasikan Program Kesiagaan Bencana”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosisal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,2020. Pembimbing : Iwan Alim Saputra. Kasus bencana alam yang rawan terjadi di Sulawesi tangah, khususnya kota Palu, kab. Sigi dan Donggala, perlu adanya penanganan yang serius dari berbagai pihak. Sekolah berperan penting dalam membangun kesadaran bencana dalam masyarakat, dengan demikian upaya yang dilakukan adalah bagaimana membangun sekolah yang siap siaga menghadapi bencana alam. Untuk itu, diperlukan kajian tentang kesiapan sekolah SMA Negeri Se-kota Palu dalam mengimplementasikan program kesiagaan bencana, terkhusus yaitu bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Tujuan penelitian ini untuk melihat kesiapan sekolah yang ada dikota Palu dalam mengimplementasikan program kesiagaan bencana. Jenis Penelitian ini adalah menggunakan metode survei, yaitu survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan keruangan (Spatial approach). Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket/kuisioner (online) dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis nilai indeks kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan program kesiagaan bencana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan sekolah SMAN Se-kota Palu dalam mengimplementasikan program kesiagaan bencana, terdapat tujuh sekolah yang masuk dalam kategori sudah siap, dimana kategori ini berada diantara skor pencapaian 67-100%, yaitu SMA Negeri 1, 2, 3, 4, 6, 7, dan 8. Sedangkan dua sekolah lainnya yatiu SMA Negeri 5 dan 9 masing-masing termasuk dikategori cukup siap dan belum siap, dimana kategori cukup siap berada diantara skor pencapaian 34-66?n kategori belum siap berada diantara skor pencapaian 0-33%. Kategori siap dalam hal ini yaitu terkait kesiapan pengetahuan kebencanaan, serta sarana dan prasarana sekolah yang mendukung program kesiagaan bencana. Kata Kunci : Kesiapan Bencana, Satuan Sekolah, Pengetahuan Bencana. |