JudulIDENTIFIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA KABUPATEN TOLI-TOLI |
Nama: NILDAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nildawati A 351 15 076, Identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Amalia Novarita, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Tol i-toli, dan Kendala apa yang dihadapi dalam identifikasi pembelajaran online pada mata pelajaran geografi pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini guru geografi di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian adalah pembelajaran daring di sekolah SMA Negeri 1 Dampal Utara Kabupaten Toli-toli sudah terlaksana cukup baik dalam versi pelaksanaan dimana guru sebelum memulai pembelajaran guru mempersiapkan RPP daring, membuat media pembelajaran yang disediakan dengan materi yang akan dipelajari dengan mempersiapkan bahan ajar yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran. Dalam mengidentifikasi pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Selain itu whatsaap digunakan untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam mengidentifikasi pembelajaran guru menggunakan media berupa video, penggunaan media pembelajaran berupa video bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Adapun kendala yang dihadapi guru prihal video pembelajaran, yang dimana guru harus membuat video pembelajaran terkait materi yang akan diajarkan, dan dalam pembuatan video tentunya ada kendala tersendiri oleh guru terkait memori Handphone yang kadang tidak mencukupi. Setelah memberikan video apakah siswa itu melihatnya atau mengabaikannya dan itu pula yang menjadi suatu kendala bagi seorang guru yang tidak bisa memantau siswanya. Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Geografi, covid-19. |