Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TONDO
Nama: SURURIATUN MASFUFAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Sururiatun Masfufah, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua Kelas yaitu Kelas XIB sebagai Kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan Kelas XIA sebagai Kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa, untuk menentukan hipotesis menggunakan analisis wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan nilai asymp.sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Kata kunci; model pembelajaran kooperatif, mind mapping, danmotivasi belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up