JudulEfektivitas Pola Belajar Mandiri Dalam Memotivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X SMA Negeri 2 Soyo Jaya Morowali Utara |
Nama: RIFRIANTI R |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rifrianti R, 2020. Efektivitas Pola Belajar Mandiri Dalam Memotivasi Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 2 Soyo Jaya Morowali Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurvita. Motivasi siswa dalam belajar geografi sangat rendah, fakta ini ditunjukan oleh kemauan anak dalam belajar kurang, memiliki ketergantungan pada orang lain sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pola belajar mandiri dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 2 Soyo Jaya. Subjek dalam penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Soyo Jaya Morowali Utara yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi angket, observasi dan wawancara, Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh 79,34% keefektivitasan penerapan pola belajar mandiri dalam memotifasi belajar siswa dan 20,66% untuk tidak efektif dalam memotivasi siswa. Hal ini menunjukkan pola belajar mandiri efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar geografi serta meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: Pola belajar mandiri, motivasi, prestasi. |