Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS VIII H DI SMP NEGERI 9 PALU
Nama: TIOVANIA SISILIA LONGKA
Tahun: 2020
Abstrak
Tiovania Sisilia Longka, 2020. Identifikasi Media Pembelajarn IPS dalam Proses Pembelajaran Kelas VIII H di SMP Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ketersediaan media pembelajaran IPS di SMP Negeri 9 Palu. (2) Pemanfaatan media pembelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 9 Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran ketersediaan media pembelajaran IPS di SMP Negeri 9 Palu?. (2) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran IPS dalam proses pembelajaran di kelas VIII H SMPN 9 Palu ?. Subjek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru Mata Pelajaran IPS, 5 orng siswa kelas VIII H. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumnetasi. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa ketersediaan media pembelaajran IPS di SMP Negeri 9 Palu sudah cukup baik, seprti contoh media visual (atlas, peta, globe, gambar) dan juga media audio visual (film/video). Pemanfaatan media pembelajaran IPS oleh guru mata pelajaran IPS itu sendiri juga sudah baik, guru mata pelajaran IPS juga telah kreatif dengan mengembangkan media pembelajaran IPS yang akan digunakan jika kekurangan media pembelajaran yang ada di sekolah, sehingga membuat para siswa lebih semangat dan termotivasi dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Ketersediaan, Pemanfaatan, dan Media Pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up