JudulAnalisis Implementasi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 3 Palu |
Nama: TAUFIQ HIDAYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa pada mata pelajaran geografi di SMANegeri 3 Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian berjumlah 15 siswa, 2 orang guru mata pelajaran geografi, Wakasek Kurikulum dan Kepala SMA NVegeri 3 Palu. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; hasil analisis implementasi pembelajaranberorientasi aktivitas siswa (PBAS) pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri3 Palu, dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran geografi pada siswa kelas XIIPS SMA Negeri 3 Palu, diperoleh rata-rata persentase 72?ngan kategori baik.Dan diperkuat dari hasil wawancara 2 orang guru mata pelajaran geografi, dan Wakil Kepala bidang kurikulum serta Kepala SMA Negeri 3 Palu,dikatakan bahwa implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) di SMANegeri 3 Palu terlaksana dengan baik dan berjalan sesuai dengan kurikulum yang ada sehinga mendapat dukungan yang baik dari pihak Wakasek Bidang Kurikulum dan Kepala SMA Negeri 3 Palu. Kata Kunci: implementasi, pbas, mata pelajaran geografi |