JudulANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: RESKI PURNAMASARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Reski Purnamasari. 2021. “Analisis Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa SMA Negeri 8 Palu”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pola belajar siswa dan upaya guru dalam menghadapi perubahan pola belajar siswa di SMA Negeri 8 Palu di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian 2 orang guru mata pelajaran geografi dan 4 siswa SMA Negeri 8 Palu yang mewakili. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perubahan pola belajar siswa terkait membuat jadwal dan pelaksanaannya dalam pembelajaran, membaca dan membuat catatan, mengulang bahan pelajaran geografi, konsentrasi pembelajaran geografi dan mengerjakan tugas pada pembelajaran geografi. Dapat dikatakan perubahan pola belajar siswa belum dengan baik dan maksimal dapat dilaksanakannya pembelajaran geografi di SMA Negeri 8 Palu pada masa pandemi covid-19. 2) upaya guru dalam perubahan pola belajar siswa di SMA Negeri 8 Palu di masa pandemi covid-19, yaitu telah dilakukannya perubahan pola belajar siswa dapat dilaksanakan akan tetapi masih kurang maksimal, disebabkan beberapa faktor dan kendala yang dimiliki oleh siswa sendiri. Guru mata pelajaran geografi sendiri telah melakukan upaya-upaya yang konkrit, agar siswa-siswa di SMA Negeri 8 Palu, agar perubahan pola belajar siswa dalam mengikuti dan melaksanakan pembelajaran geografi secara daring/online di masa pandemi covid-19 ini dengan baik. Selain itu, guru memberikan penguatan motivasi dan dorongan belajar yang serius kepada semua siswa agar tidak putus asa dengan model pembelajaran daring/online saat ini. Kata Kunci: proses pembelajaran, pola belajar, pandemi covid-19 |