JudulKEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI HARMONI KECAMATAN PAMONA UTARA KABUPATEN POSO |
Nama: SHINTYA YULIARNI SENGKEI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah menjelaskan kemampuan manajerial kepala sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri Harmoni dan menjelaskan tahap-tahap dalam manajemen sarana dan prasarana tersebut. Sampel angket dalam penelitian ini adalah 10 orang guru termasuk kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan interpretasi data angket. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kepala sekolah dapat mengorganisasi dan mengembangkan sumber daya sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Sumber daya pendidikan meliputi ketenagaan, dana, sarana dan prasarana juga informasi yang ada. Tahap-tahap dalam manajemen yaitu tahap perencanaan, pengadaan, penyaluran, pemeliharaan dan pengawasan dilakukan secara baik. Hasil interpretasi data menunjukan perhitungan persentase menurut skala Likert maka diperoleh masing-masing tahap yaitu tahap perencanaan 90.2%, tahap pengadaan 90.3%, tahap penyaluran 70.3%, tahap pemeliharaan 78.7% sehingga rata-rata tahap manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan kepala sekolah di SMA Negeri Harmoni yaitu 82.375% atau baik. |