JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROJECT BASED LEARNING DAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: IRIN SITI NADIRA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Irin Siti Nadira, 2019. Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Project Based Learning dan Example Non Example pada Pelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurvita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Project Based Learning dan Example Non Example pada pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 9 Palu. Penelitian ini menggunakan desain non randomized pretest-posttest control group desigen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 107 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan Example Non Example, untuk menentukan hipotesis menggunakan analisis Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai Zhitung < Ztabel (-1.879 < -1.96) dengan taraf kepercayaan 0.05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan menolak Ha, yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Project Based Learning dan Examples Non Examples. Kata Kunci ; Hasil Belajar, Project Based Learning, Example Non Example. |