JudulHUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 1 DAMPELAS |
Nama: RENI YUSTIKA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Reni Yustika, 2019. Hubungan antara Gaya Mengajar Guru dengan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurvita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas yang berjumlah 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 25?ri populasi, sehingga ditetapkan sampelnya sebanyak 26 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk gaya mengajar guru diperoleh persentase sebesar 62% sedangkan minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi sebesar 54%. Dengan hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel atau (0,639 > 0,388), dengan tingkat hubungan antara variabel tersebut tergolong kuat. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa di kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas. Dengan hasil uji koefisien determinasi (KD) sebesar 40,8%. (2) Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk gaya mengajar guru diperoleh persentase sebesar 62?n hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas sebesar 65%. Dengan hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,436 > 0,388 dengan tingkat hubungan antara variabel tergolong sedang. Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti diterima atau Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IIS SMA Negeri 1 Dampelas. Dengan hasil uji koefisien determinasi (KD sebesar 19%. Kata kunci: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa |