JudulImplementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Sindue |
Nama: ROY ANDIKA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Roy Andika, 2020. Implementasi Kurikulum 2013 di Tinjau dari Standar Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ika Listiqowati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Sindue dan upaya guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi pada pengimplementasian kurikulum 2013.Metode yang digunakandalampenelitian iniadalahdeskriptifkualitatif. Objek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Sindue, Guru mata pelajaran geografi 1 orang dan siswa kelas XII 4 orang,teknik pengambilan data dengan cara observasi (pengamatan) dan wawancara, Hasil tersebut dapat disimpulkanImplementasi kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sindue sudah berjalan sangat baik tetapi masih belum maksimal. Hal ini dilihat dari hasil observasi secara keseluruhan mulai dari kegiatan belajar mengajar, pelaksanaan pembelajaran hingga tahap penilaian proses pembelajaran masih perlu di usahakan agar bisa terlaksana dengan maksimal, kendala yang di hadapi dalam penerapan kurikulum 2013 adalah, tentang sistem penilaian proses pembelajaran yang belum maksimal, dan kesiapan guru dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pengembangan media pembelajaran dan metode pembelajaran. Kata Kunci ; Implementasi; Kurikulum 2013,;standar proses.pembelajaran. |