JudulPenilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 3 Palu |
Nama: AZWAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak Azwar, 2020. Penilaian hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Palu.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nurvita. Permasalahan dalam peneltian ini yaitu a). Bagaimana implementasi penilaian pada mata pelajaran geografi berdasarkan Kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 3 Palu?, b). Bagaimana kendala implementasi penilaian mata pelajaran geografi berdasarkan Kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 3 Palu?. Tujuan penelitian ini yaitu a). Untuk mengetahui implementasi penilaian mata pelajaran geografi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Palu, b). Untuk mengetahui apa saja kendala yang didapatkan guru mata pelajaran geografi dalam mengimplementasikan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Ngeri 3 Palu. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode penelitian survey, jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Palu berjalan cukup baik, masih menemui kendala sehingga belum berjalan dengan maksimal. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru geografi bahwa masih ada aspek yang harus ditingkatkan mulai dari pada saat proses pelaksanaan pembelajaran hingga tahap penilaian hasil pembelajaran yang masih perlu diupayakan agar dapat terlaksana dengan maksimal. Kendala yang dihadapi oleh guru SMA Negeri 3 Palu adalah siswa masih belum sepenuhnya mampu memenuhi tuntutan dalam Kurikulum 2013 sehingga guru diharuskan dapat mengembangkan proses pembelajaran didalam maupun diluar kelas. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah, meskipun guru tidak terlalu aktif berperan dalam proses memberi materi, namun dalam proses pembelajaran guru juga dituntut aktif bukan hanya dilakukan untuk siswa saja, agar pada saat proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Kata kunnci : Hasil belajar, Pelajaran geografi. |