JudulTingkat Kesulitan Pembelajaran Ips Pada Siswa SMP Negeri Se-Kota Palu |
Nama: HASMIDA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Hasmida 2019. Tingkat Kesulitan Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se- Kota Palu.Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Lilik Prihadi Utomo Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS (2) Faktor yang paling dominan terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan berjumlah 157 siswa. Tehnik pengumulan data menggunakan koesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa SMP Negeri Kota Palu adalah faktor internal yang meliputi intelegensi (68,37%), minat (67,68%) yang dilihat dari kesimpulan skor angket siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang paling dominan adalah faktor intelegensi dalam belajar siswa sebesar (68,37%) yang mempunyai pengaruh yang sangat tinggi dalam kesulitan belajar siswa. Faktor eksternal siswa yang meliputi faktor keluarga (67,85%), sekolah (70,06%), dan masyarakat (59,24%). Peneyebab kesulitan belajar siswa yang paling dominan adalah faktor sekolah (70,06%) yang mempunyai pengaruh sangat tinggi dalam kesulitan belajar siswa. Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu guru dituntut memahami kelemahan dan kelebihan setiap anak didiknya sehingga mengetahui pemilihan metode yang tepat dalam pembelajaran IPS. Kata kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran IPS |