JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NURFATIMAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nur Fatimah, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah, Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answerpada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Palu.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran), Lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II. Hasil analisis tes pada siklus I, ketuntasan belajar klasikal sebesar 68?n daya serap klasikal 70%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 88?n daya serap klasikal 79%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe GQGA, dan Hasil Belajar |