JudulDISTRIBUSI SPASIAL KOMPETENSI GURU DALAM BIDANG TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN POSO |
Nama: GRATHIA SONIA TONGKA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Grathia Sonia Tongka. A 351 14 096.2019. “Distribusi Spasial Kompetensi Guru Dalam Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi” Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1)Iwan Alim Saputra, S.Pd.,M.Sc (2) Rahmawati S.Si.,M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sebaran tingkat keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (2) Faktor-faktor penghambat dan pendorong bagi guru. Jenis penelitian ini bersifat deskrptif Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Quota Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis guttman dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keterampilan guru disekolah berbeda-beda mulai dari penguasaan hardware tingkat mudah SMA 1 95% SMA 2 90% SMA 3 98% , tingkat sedang SMA 1 85% SMA 2 65% SMA 3 78%, dan tingkat sulit SMA 1 38% SMA 2 40% SMA 3 89%. Penguasaan software tingkat mudah SMA 1 88% SMA 2 81% SMA 3 91%, tingkat sedang SMA 1 86% SMA 2 81% SMA 3 83%, tingkat sulit SMA 1 51% SMA 38% SMA 3 40% serta penguasaan internet tingkat mudah SMA 1 89% SMA 2 84% SMA 3 88%, tingkat sedang SMA 1 62% SMA 2 63% SMA 3 65%, dan tingkat sulit SMA 1 50% SMA 2 32% SMA 3 38%. Faktor penghambat guru meliputi: keterbatasan guru mengikuti pelatihan, guru kurang mengikuti kursus pribadi. Faktor pendorong meliputi: Ketersediaan prasarana, Dapat dijadikan mentor, kualitas guru sertifikasi. Kata Kunci: Keterampilan, TIK, Faktor Penghambat dan Pendorong |