Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 10 Kabupaten Sigi
Nama: NI KOMANG READY CAHYATI
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang di kembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Buku Siswa dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Metode penelitiaan yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Thiagarajan meliputi Define, Design, Develop, dan Dissimiate. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 35 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi validasi, observasi, keterlaksanaan perangkat,pengamatan kemampuan guru, pengamatan aktivitas siswa, angket respon siswa dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan perangkat pembelajaran (RPP, Buku Siswa, LKPD) dengan nilai rata-rata 3,23 atau kategori valid. Tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan tingkat keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilaai rata-rata 1,69 atau kategori terlaksana seluruhnya. Tingkat keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,23 atau kategori baik . Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran (Buku Siswa dan LKPD) dengan persentase rata-rata 85,71 memberi respon positif/sangat positif. Hasil belajar siswa 100?rada pada kategori tinggi/sangat tinggi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up