| JudulPENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 6 PALU |
| Nama: Muthi Kurniasih |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak ABSTRAK Muthi Kurniasih (2019). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dikelas X SMA Negeri 6 Palu . Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Junarti (II) Nurvita. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh penggunaan Gadget terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi di Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Gadget terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang mengikuti mata pelajaran Geografi, dengan jumlah 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis uji t dengan hasil nilai t-hitung =(2.031) Sementara itu nilai t-tabel untuk sampel penelitian sebanyak 50 orang dengan derajat kebebasan (df = n - 2), yakni df = 50 – 2 = 48 adalah (2.010). Maka nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.031>2.010) artinya “penggunaan gadget berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 6 Palu. diterima.” Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Hasil Belajar Geografi |