Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X1 DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: Natalia Pabisa
Tahun: 2019
Abstrak
NATALIA PABISA, 2019. MENINGKARTKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X1 DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU. SKRIPSI, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI, JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, UNIVERSITAS TADULAKO. PEMBIMBING: SAMUEL SANDA PATAMPANG. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI, SERTA MENGETAHUI KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MELALUI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 5 MODEL PALU. PENELITIAN INI MERUPAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. DIMNA TIAP SIKLUS TERDIRI DARI PERENCANAAN, PELAKSANAAN TINDAKAN, OBSERVASI DAN REFLEKSI. SUBJEK PENELITIAN SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 5 MODEL PALU. HASIL OBSERVASI AKTIVITAS SISWA DAN GURU SERTA ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DAPAT DISIMPULKAN BAHWA PEMBELAJARAN MELALUI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X1 SMA NEGERI 5 MODEL PALU. HASIL OBSERVASI AKTIVITAS SISWA MEMBAIK DARI SIKLUS I KE SIKLUS II, DIMANA PADA TINDAKAN 2 SIKLUS II HAMPIR SELURUH SISWA BERADA PADA KRITERIA SANGAT BAIK YANG SEBELUMNYA POSISI SISWA MASIH BERADA KRITERIA KURANG. HAL INI DI KARENAKAN KERJA SAMA ANTARA GURU DAN PENELITI BESERTA SISWA. HASIL AKTIVITAS GURU PADA SIKLUS I TINDAKAN 1 SEBESAR 58,33?N PADA SIKLUS I TINDAKAN 2 MENJADI 66%. KEMUDIAN PADA SIKLUS II TINDAKAN 1 SEBESAR 83,28?N PADA SIKLUS II TINDAKAN 2 MENJADI 95,83%. BILA DILIHAT DARI HASIL OBSERVASI GURU PADA SIKLUS I DAN SIKLUS II MENGALAMI PENINGKATAN. HASIL EVALUASI PADA SIKLUS I, DIPEROLEH DAYA SERAP KALISIKAL 61,42%, DAN KETUNTASAN BELAJAR 53,28? HASIL BELAJAR PADA SIKLUS II, MENGALAMI PENINGKSTSN DENGAN DAYA SERAP KLASIKAL SIKLUS 71,25%, BILA DIBANDINGKAN DAYA SERAP KLASIKAL SIKLUS I MENGALAMI PENINGKATAN MENCAPAI 10?N PADA KETUNTASAN KLASIKAL 89,28% PADA SIKLUS II.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up