JudulPERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SINDUE KABUPATEN DONGGALA |
Nama: Riyan Rachmat A. Ladudin |
Tahun: 2019 |
Abstrak Riyan Rachmat A. Ladudin, 2019, Peran Guru Sebagai Motivator Pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggala. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Junarti dan pembimbing (II) Abdul Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Sebagai Motivator Pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggala. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue yang berjumlah 118 siswa. Jumlah sampel dalam penelitan ini adalah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru sebagai motivator di lihat dari persentase aspek peran guru yaitu tentang guru yang mengajak siswa mengerjakan tugas secara bersama-sama dengan persentase sebesar 82% siswa menjawab sering bahkan sangat sering, dan di lihat dari aspek motivator dengan tanggapan responden terhadap pemberian kesempatan untuk bertanya secara merata pada proses pembelajaran geografi dengan presentase sebesar 79% siswa menjawab sering bahkan sangat sering. Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran semua itu tergantung dari bagaimana guru menjalankan peran dan mengelola kelas dengan memanfaatkan metode dan sarana pembelajaran yang ada sehingga pembelajaran bisa optimal dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Kata kunci : Peran guru, Motivator, Pembelajaran Geografi |