Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGANPERANGKATPEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAS BALA KESELAMATAN KALAWARA
Nama: JATI PURNOMO
Tahun: 2018
Abstrak
Jati Purnomo, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMAS Bala Keselamatan Kalawara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1): Amiruddin dan Pembimbing (II) Rahmawati. Penelitian ini bertujuan untuk menekankan pada tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat sehingga diharapkan meningkatkan pengetahuan, motivasi belajar dan hasil belajara peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yakni mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model Thiagarajan yang meliputi 4 tahap pengembangan 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, dan 4) Penyebaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAS BK Kalawara semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data pengembangan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dari segi kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 3,13 dari kategori “Valid” (2,5 M ), buku siswa juga valid berdasarkan skor rata-rata 3,13 dari kategori “Valid” (2,5 M ), dan LKPD valid berdasarkan skor ratarata 3,13 dari kategori “Valid” (2,5 M ). Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 1.8 dari kategori keterlaksanaan (1,5 M 2,0). Kualitas kefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kualitas efektif berdasarkan rerata total tkg (3,6) dari kriteria tingkat kemampuan guru (3,00 tkg 4,00 ), aktivitas siswa dalam pembelajaran rata-rata waktu yang digunakan siswa memenuhi waktu ideal, respon siswa terhadap buku siswa dan LKPD dikatakan sangat posotif karena termasuk dalam kategori (3,5 RS 4,0), dan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik dapat dilihat dengan tuntasnya seluruh siswa didalam kelas XI IPS yang berjumlah 15 siswa, Sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran geografi telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Perangkat pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up