JudulPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SIGI |
Nama: Chrisno Tongka |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Chrisno Tongka, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif. Masalah dalam penelitian ini bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif di SMA Negeri 3 Sigi?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan Research & Development. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model Thiagarajan yang meliputi 4 tahap pengembangan: 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, dan 4) Penyebaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori valid (2,5 ? M < 3,5) dengan skor rata-rata untuk RPP adalah 3,38, Buku siswa 3,11, LKPD 2,9 dan Tes Hasil Belajar 2,7. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 1.73 dari kategori terlaksana seluruhnya (1,5 M 2,0). Kualitas kefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kualitas efektif berdasarkan rerata total TKG (3,5) atau baik dari kriteria tingkat kemampuan guru (3,00 TKG 4,00 ). Tingkat keefektifan perangkat pembelajaran untuk aktivitas siswa dari 9 jenis aspek yang teramati terdapat 7 jenis aktivitas siswa yang terpenuhi. Respon siswa terhadap buku siswa dan LKPD 100% atau sangat posotif. Tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik dengan skor penilaian (85-100) 10 orang, dan skor penilaian (65-84) 8 orang atau tuntas seluruhnya. Jadi, perangkat pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran geografi telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Perangkat pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah. |