JudulIDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: HIKMA NUR LATUMBI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Hikmanur Latumbi. 2018. Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Amiruddin dan Pembimbing (II) Nurvita. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan saintifik di SMA Negeri 3 Palu dan mendeskripsikan pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru geografi dan wakasek kurikulum di SMA Negeri 3 Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Palu belum berhasil. Hal tersebut dikarenakan guru mata pelajaran belum sepenuhnya menerapkan semua langkah pembelajaran saintifik. Selain itu guru kesulitan dalam mengimplementasikan semua proses saintifik pada proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti merekomendasikan pada pemerintah untuk intens dalam melakukan pelatihan kurikulum 2013, sekolah untuk menyediakan pelatihan khusus terkait kurikulum 2013, dan guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kata Kunci: Implementasi pendekatan saintifik, Pembelajaran geografi, Kurikulum 2013 |