JudulAnalisis Implementasi Pengembangan RPP Ditinjau Dari Standar Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Palu |
Nama: NUR FIRMANSYAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nur Firmansyah, 2020. Analisis implementasi pengembangan RPP ditinjau dari standar pembelajaran pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam pengembangan RPP mata pelajaran geografi dan untuk mengetahui pengembangan pelaksanaan pembelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif naturalistic, dengan mengunakan pendekatan survei. Adapun yang menjadi sabjek penelitian adalah satu orang guru geografi yang mengajar di kelas XI IPS 1, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun tehnik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ;observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini ;reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian berupa penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara struktural telah di lakukan guru yang meliputi, identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan alat pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaan. Sedangkan dalam pengembangan pelaksanaan pembelajaran guru telah menerapkan aspek indikator yang termuat dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan kegiatan penilaian, dengan baik walaupun ada beberapa aspek indikator yang belum di terapkan, hal ini tidak mempengaruhi terhadap keseluruhan penerapan pelaksanaan pembelajaran yang berjalan dengan lancar dan sesuai RPP guru mata pelajaran geografi. Kata Kunci :Standar Pembelajaran, RPP, dan Pelajaran Geografi. |