JudulPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEPGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 SIGI |
Nama: Abdul Hamid Salotan |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Abd. Hamid Salotan, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Junarti, (II) Amiruddin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, berdasarkan hasil observasi permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah : 1) Kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), 2) Perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah telah memenuhi kriteria kevalidan (2,5 ? M < 3,5 ) dapat dilihat dari jumlah keseluruhan rata – rata total perangkat pembelajaran yang meliputi : 1) Buku siswa, 2) LKPD, 3) RPP, 4) THB, dengan skor rata – rata 3.13, kepraktisan perangkat pembelajaran dapat dilihat dari rata – rata total tiga aspek komponen yaitu : 1) Sintaks PBL, 2) Interaksi sosial, 3) Prinsip reaksi, berada pada nilai 1.76 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya dengan rumus analisis yang sesuai (1,5 ? M ? 2,0), dan keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki rata – rata total 3.3 atau dalam kategori baik (3,00 ? tkg < 4,00). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti dapat dikatakan valid dengan berpatokan pada tabel kriteria kevalidan dengan nilai 3.13, kemudian dikatakan praktis dengan melihat data kepraktisan pengamatan perangkat pembelajaran berbasis masalah 1.76 dari kategori keterlaksanaan (1,5 ? M ? 2,0). Kemudain dikatakan efektif dengan melihat tingkat kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yaitu 3.3 dengan kriteria (3.00 ? tkg ? 4.00). Aktivitas siswa dalam pembelajaran rata – rata waktu yang digunakan siswa memenuhi waktu ideal, respon siswa terhadap buku siswa dan LKPD dikatakan sangat positif karena termasuk dalam kategori (3,5? RS < 4,0), dan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik dapat dilihat dengan tuntasnya seluruh siswa didalam kelas yang berjumlah 15 orang, sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran geografi telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta layak dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, PBL. |