JudulPENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN GEOGFARFI DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BANAWA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: Nur Afni S.DM Lawaidjo |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan persepsi siswa terhadap penerapan model TSTS dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Populasi penelitian berjumlah 54 siswa, sampel penelitian berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penerapan model koopertif tipe Two Stay Two Stray yang telah diterapkan oleh guru di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banawa hasil melalui observasi aktifitas guru 85,7?ngan kategori terleksana sangat baik sesuai dengan keterlaksaan RPP, hasil observasi aktifitas siswa 100?ngan kategori sangat baik, hasil ratarata angket siswa yaitu sangata setuju 43,7%, hasil rata-rata setuju 51,8%, tidak setuju 4,1%, dan sangat tidak setuju 0,37%. Dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray mendapat tanggapan positif dari siswa yaitu sebesar 51,8%. . Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Two Stray Two Stray, Pembelajaran Geografi |