JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: FADLIA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fadlia, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Pembimbing (2) Abdul Hamid Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 102 siswa, dan sampel penelitian ini berjumlah 31 siswa. Penentuan sampel menggunakan metode Propotional Random Sampling .Teknik pengumpulan data menggunakan angket, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Hasil analisis uji t menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu (2.755 > 1.69913) dengan sumbangan pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 20,7025 % . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 5 Model Palu. Kata Kunci : Penggunaan Media Peta, Hasil Belajar Siswa |