Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMANEGERI 1 PALU
Nama: ZULNISAR
Tahun: 2020
Abstrak
Zulnizar, 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Amiruddin. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palu. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa sebanyak 42 responden. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, hasil perhitungan korelasi (hubungan) yaitu, adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palu. Hal ini menunjukan, korelasi antara variabel X dan variabel Y pada taraf signifikan 5% diperoleh r hitung < r tabel atau 0,012 < 0,304 dengan demikian hipotesis (Ha) diterima, maka ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil wawancara terhadap guru geografi yaitu, guru selalu memotivasi siswa melalui nasehat arti pentingnya suatu pendidikan sehingga mendorong siswa untuk bergerak lebih maju. Guru menggunakan metode-metode yang bervariasi yang membuat siswa berkeinginan untuk belajar. Kata Kunci : Motivasi belajar, hasil belajar, pelajaran geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up