JudulKondisi Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Anak Masyarakat Nelayan ( Studi Kasus Anak Putus Sekolah Di Desa Labean, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala ) |
Nama: RHOMI A. BASO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rhomi A. B, 2019. Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Anak Masyarakat Nelayan ( Studi Kasus Anak Putus Sekolah di Desa Labean, Kecamatan Balaesang, kabupaten Donggala ). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Zakirah Raihani Ya'la, Pembimbing (2) Ika LIstiqowati. Tujuan Dalam penelitian ini 1) Mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan di Desa Labean, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala. 2) Mendekripsikan tingkat pendidikan anak masyarakat nelayan di Desa Labeanm, Kecamatan balaesang, Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Lebean yang berprofesi sebagai nelayan yakni 129 KK. Metode pengmupulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan di Desa Labean, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala masih tergolong rendah hal tersebut disebabkan karena faktor latar belakang pendidikan yang kurang baik berdampak pada kurangnya keahlian yang dimiliki para masyarakat nelayan selain menangkap ikan di laut sehingga hanya cukup untuk keperluan sehari-hari saja. 2) Tingkat pendidikan anak nelayan masyarakat nelayan di Desa labean tergolong kurang baik terlihat dari banyaknya anak yang harus putus sekolah disebabkan karena faktor motivasi, lingkungan, dan juga keluarga. meskipun demikian yang menjadi faktor utama adalah ekonomi orang tua. kata kunci : Putus sekolah, Sosial Ekonomi dan Pendidikan Anak |