JudulPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 5 SIGI |
Nama: DONY SAIFUL RUMAGIT |
Tahun: 2020 |
Abstrak Dony Saiful Rumagit, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri 5 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Charles, Pembimbing (II) Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang ingin dikembangkan ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku siswa dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS I jumlah 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini ialah pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkam hasil validasi dari dua dosen ahli. Tahap validitas semua perangkat pembelajaran berada pada nilai rata-rata meliputi, RPP 2,06 valid, Buku siswa 3,02 Valid dan LKPD 3,09 valid. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis diperoleh dari hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada nilai rata-rata 3,42 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Pengembangan perangkat pembelajaran efektif di peroleh dari hasil aktivitas siswa yang diamati telah terpenuhi, kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan skor rata-rata 3,78 (kategori baik), respon siswa terhadap Buku Siswa dengan respon positif 6 orang dan respon sangat positif 11 orang dengan nilai presentase 100%, respon siswa terhadap LKPD dengan respon positif 8 orang dan respon sangat positif 9 orang dengan nilai presentase 100%. Rata-rata hasil tes belajar sudah baik dengan kemampuan 65-100 berada pada kategori tinggi sampai sangat tinggi. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah |