Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulBooklet Pakuli To Kaili Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Nama: SHOFI NURUL FATH S
Tahun: 2025
Abstrak
Permasalahan utama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah kurangnya integrasi nilai kearifan lokal, sehingga peserta didik cenderung memahami Pancasila hanya secara normatif tanpa mengaitkannya dengan kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa booklet Pakuli to Kaili berbasis kearifan lokal Suku Kaili untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MTs Negeri 1 Palu. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli materi, media, dan budaya; angket respon guru dan siswa; serta observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan booklet mengikuti langkah ADDIE sehingga menghasilkan produk yang sistematis, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik; (2) hasil validasi ahli menempatkan booklet dalam kategori sangat layak dari aspek isi, bahasa, tampilan visual, dan representasi budaya; (3) respon guru dan siswa sangat positif karena booklet terbukti meningkatkan motivasi, pemahaman nilai Pancasila, serta apresiasi terhadap budaya lokal. Kebaruan (novelty) penelitian ini terletak pada pengembangan booklet naratif-visual berbasis budaya menanam Suku Kaili sebagai media pembelajaran PKn. Inovasi ini berbeda dari penelitian terdahulu karena mampu mengintegrasikan kearifan lokal dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila (beriman dan bertakwa, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, berkebinekaan global) sekaligus Profil Pelajar Madrasah (religius, nasionalis, mandiri, berintegritas, berwawasan kebangsaan). Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi praktis berupa media alternatif yang sederhana namun bermakna, serta kontribusi teoretis dalam pengembangan model pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up