Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI AL-KHAIRAT SAKITA
Nama: YULAN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Yulan, 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Quiziz Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV di MI Al-Khairat Sakita. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina dan Idrus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran quiziz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di MI Al-Khairat Sakita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Al-Khairat Sakita yang terdiri dari 17 siswa di kelas kontrol dan 18 siswa di kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan studi dokumen. Nilai pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing memperoleh hasil rata-rata sebesar 47,18 dan 37,72, sedangkan nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing memperoleh hasil rata-rata sebesar 64,35 dan 87,94. Berdasarkan Hasil uji t Test diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar IPAS siswa kelas IV baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) menggunakan media pembeajaran quiziz terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran quiziz terhadap hasil beajar siswa kelas IV pada mata Pelajaran IPAS di MI Al-Khairat Sakita. Kata kunci: Media pembelajaran Quiziz;Hasil Belajar;Mata Pelajaran IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up