JudulPENERAPAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PO’O |
Nama: SITI FATIMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Siti Fatima, 2025. Penerapan Bahan Ajar IPAS Berbasis Flipbook Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Po’o. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Tadulako. Bahan ajar merupakan sesuatu yang merujuk pada semua hal yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi atau konsep tertentu. Sedangkan flipbook merupakan buku digital yang mempunyai kemampuan untuk menjadi animasi flipping flash sehingga menarik yang membuat penggunanya merasakan interaktif. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana proses penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook pada siswa kelas IV SDN Po’o, bagaimana dampak penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Po’o. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook pada siswa kelas IV SDN Po’o, untuk mendeskripsikan dampak penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook trhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Po’o. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook terbukti efektif dalam kegiatan pembelajaran, hal ini terlihat dari hasil observasi menunjukkan data yang diperoleh jika dikonversi kedalam persentase maka berada dalam kategori baik. Sedangkan dampak penerapan bahan ajar IPAS berbasis flipbook terbukti memberikan perubahan positif terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Po’o, hal ini terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa jika dikonversi kedalam persentase maka berada pada kategori baik. Kata kunci: Bahan Ajar IPAS; Flipbook; Keaktifan Belajar. |