JudulPengaruh Media Google Earth Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Umpanga |
Nama: NI KADEK MERTA ASIH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Pengaruh Media Google Earth Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V SDN Umpanga 1Ni Kadek Merta Asih, 2Dhevy Puswiartika, 3Arif Firmansyah Email, 1 kadekmerta245@gmail.com 2 dhevy_p@untad.ac.id 3ariffirmansyah79@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Google Earth terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN Umpanga. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) tipe non-equivalent kontrol group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Google Earth dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi angket minat belajar dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Google Earth terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor angket minat belajar dan nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Media Google Earth terbukti mampu meningkatkan keterlibatan, ketertarikan, perhatian, dan perasaan senang siswa dalam proses pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih visual, interaktif, dan bermakna. Dengan demikian, penggunaan media Google Earth direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata kunci: Google Earth, minat belajar, hasil belajar |